27 Januari 2008

Seniman atau designer sejati

Kembali ke tahun 2002, saya duduk di samping seorang web designer yang mengajarkan bagaimana membuat sebuah website dengan menggunakan Photoshop. Sebenarnya, dia tidak pernah secara langsung mengajari saya, tapi saya sering mengamati bagaimana dia melakukan pekerjaannya. Kadang-kadang menanyakan sesuatu sama dia kalau saya bingung. Jujur, ilmu yang diterima saat itu sangat bermanfaat buat saya.

Suatu hari dia pernah bilang, dalam kehidupannya sebagai seorang web designer yang bekerja untuk sebuah perusahaan yang membutuhkan produksi massal, kita tidak perlu aliran atau genre tertentu. Designer sejati dilarang punya warna favorit, bentuk favorit, gaya gambar favorit dan apapun yang favorit lainnya. Dia harus netral dan luwes karena kebutuhan pasar juga terus berubah. Kalau maunya yang favorit, jadilah seniman karena seniman bebas dari tuntutan pasar.

0 komentar:

Design Dheedy_AS Dzelque Blogger Templates 2007-2008